headerblog

Cara Membuat Bawang Goreng Untuk Dijual

Posting Komentar

Cara Membuat Bawang Goreng Untuk Dijual

Bawang goreng, yang kelihatannya sepele dan simpel, namun ternyata hari gini bisa menjadi peluang rezeki karena semakin banyak peminatnya. 

Memang sih, sayur yang ditaburi bawang goreng itu rasanya lebih gimana gitu, makin sedep kalau kataku. Bahkan, nasi putih anget pun juga nikmat jika bersanding dengannya, si bawang goreng. 

Emang seberapa enak sih bawang goreng? Manfaatnya? 


Selain mengupas tentang bawang goreng dan juga manfaatnya, ada juga cara membuat bawang goreng untuk dijual. Ini dapat resep dari beberapa channel youtube dan juga cookpad yang mudah banget untuk dipraktekkan.


Pecinta Bawang Goreng


Aku dan keluarga termasuk pecinta bawang goreng, walaupun untuk membuatnya, jujurly…emak satu ini enggak tlaten. Padahal, kalau semisal meluangkan waktu untuk menggoreng sekalian dalam porsi yang banyak untuk stok itu justru lebih menguntungkan. 


Karena, kalau butuh ya tinggal ambil, ngga perlu harus menggoreng dulu. Karena, prosesnya kan lumayan ya, harus mengupas, memotong dan menggorengnya terlebih dahulu. 

Namun, karena banyaknya penjual bawang goreng sekarang ini, menambah ketidaktlatenanku untuk membuat bawang goreng sendiri. Hmmm, beli aja lah daripada mbuat, hihihi… begitulah pemikiran emak-emak yang sok sibuk ini. 


Sebenarnya, bukan hanya ngga tlaten dan sok sibuk sih alasannya, namun lebih kepada banyaknya jenis kemasan bawang goreng yang ditawarkan di pasar, dari yang harga Rp 1.000,- sampai belasan atau puluhan ribu rupiah (tergantung kemasan dan kualitas bawang goreng).


Bagaimana Memilih Bawang Goreng yang Berkualitas?


Sebagai konsumen, alangkah lebih baik memperhatikan kualitas. Bisa dilihat dari harga dan kemasan. Karena, tidak sedikit yang menjual bawang goreng asal-asal'an. Hmmm, maksudnya? 


Dari pengalamanku sebagai konsumen bawang goreng, terlihat sekali perbedaan rasa dari bawang goreng yang aku beli. Dan, ternyata memang semua berawal dari pemilihan bawang, dan juga prosesnya. Ini juga pastinya berkaitan dengan harga ya sobat galery.


Kalau orang jawa bilang, ono rego ono rupo. Artinya, ada harga ada wujud, wujud disini adalah barang dengan kualitasnya yang bisa dilihat dan dirasakan. 


Manfaat Bawang Goreng


Mengutip dari buku berjudul Bawang Merah karya Estu Rahayu dan Nur Belian V.A, dalam 100 gram bawang merah mengandung: 


  • Air 88 gram 
  • Karbohidrat 9,2 gram 
  • Protein 1,5 gram 
  • Lemak 0,3 gram 
  • Vitamin B1 0,03 miligram 
  • Vitamin C 2 miligram 
  • Kalsium  36 miligram 
  • Besi 0,8 miligram 
  • Fosfor 40,00 miligram 
  • Energi 39 kalori 


Kandungan itulah yang membuat bawang merah kerab dimanfaatkan sebagai obat herbal. 

Nah, sedang bawang merah sendiri memiliki beberapa manfaat, yaitu


  • Memelihara kesehatan jantung
  • Mengontrol kadar kolesterol
  • Menurunkan kadar gula darah dalam tubuh
  • Memelihara sistem pencernaan
  • Mencegah kanker


Wuiiiih, manfaatnya mantap nih. Boleh yuuk, langsung praktek menggoreng bawang merah untuk stok di rumah.


Cara Membuat Bawang Goreng Untuk Dijual


Langkah pertama yang pasti menyiapkan bahan dasar, yaitu bawang merah. Usahakan untuk menggunakan bawang merah yang fresh, sehingga hasilnya juga akan lebih bagus. 

Apalagi kalau judulnya untuk dijual, sudah pasti sebagai penjual, rasanya ingin sekali memberikan yang berkualitas baik untuk konsumen/ pembeli. 

Karena dengan memberikan kualitas yang baik, InsyaAllah akan memberikan kepuasan untuk kedua belah pihak. Penjual merasa puas karena menjual barang yang baik, konsumen juga puas karena mengkonsumsi barang yang baik.


Resep Bawang Goreng Renyah


Bahan :


  • 500 gram bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng


Cara Membuat


1. Siapkan bawang merah yang telah diiris tipis, kemudian cuci dengan air mengalir.


2. Lalu tiriskan bawang hingga kering. Jangan diremas-remas agar bawang tidak menghitam ketika digoreng.


3. Agar bawang merah makin kering, kamu bisa mengeringkannya dengan tisu dapur. Atau angin-anginkan sebentar hingga agak kering.


4. Kemudian taburkan garam secukupnya.


5. Goreng bawang merah dalam minyak banyak dengan api sedang. Aduk-aduk bawang agar warnanya kecokelatan merata.


6. Angkat bawang goreng ketika warnanya kuning keemasan dan kering. Lalu tiriskan di atas wadah beralaskan kertas nasi dan biarkan hingga dingin.


7. Setelah dingin barulah masukkan ke dalam stoples atau wadah kedap udara.


Resep by kak Yenny Mustika Sari ini bisa didapat di Food.detik.com. Dan InsyaAllah mudah dipraktekkan juga lho. Atau yang jiwa dagangnya meronta-ronta, bisa langsung cus praktek dan dipasarkan. 


Semoga menjadi ladang rejeki baru untuk sobat galery semua…. Aamiin.



Referensi :


1. Kontan.co.id


2. Food.detik.com


Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar