headerblog

Hobi Yang Menghasilkan

Hobi yang Menghasilkan

Hampir setiap orang rasanya memiliki hobi dan cita-cita. Namun, untuk hobi yang menghasilkan?

Masih inget banget, waktu kecil itu ada musimnya kita ngisi biodata di buku diary teman-teman. Nah, disitu selalu tercantum hobi dan cita-cita. Walaupun rasa-rasanya, ga relate dengan kenyataannya. Ya iyalah, kebanyakan ngisi karena nyontek punya teman atau sekedar ikut-ikutan, hihi. Seperti contoh, Hobi : makan, minum atau, hobi : belajar, padahal mah enggak banget hobi belajar di umur-umur segitu, haha. Eh, walaupun ya ada ya anak yang memang hobinya belajar, tapi tidak dengan kecilku.


Beranjak remaja, semakin terlihat hobi kita mengarah kemana. Sampai akhirnya bisa yakin, bahwa itu benar-benar menjadi hobi. Lalu, semakin dewasa, rasanya semakin bisa memilah, hobi mana yang sekiranya perlu dipertahankan dan ditingkatkan, dan mana yang ditinggalkan.


Hobi yang Bermanfaat


Kalau sudah usia menuju dewasa, kemungkinan masih bisa bertahan dengan hobi yang kurang bermanfaat. Tapi, kalau sudah berumahtangga, beneran masih bisa mempertahankan hobi yang kurang bermanfaat? Rasanya, sudah banyak pikir-pikir ya dear. 

Apalagi ketika sudah menjadi orangtua, yang secara tidak langsung menjadi sosok atau figur panutan untuk anak-anaknya. Memilih dan memilah hobi rasanya penting ya dear. 


Memilih Hobi yang Bermanfaat, dan Menekuninya


Banyak sekali hobi yang pada akhirnya sangat bermanfaat bahkan membuka pintu rezeki. Seperti contoh :


Memasak


Mungkin ada yang awalnya hanya bisa memasak masakan rumahan biasa, namun ketika ditekuni, akhirnya bisa menghasilkan masakan yang lezat, bergizi dengan metode memasak yang tepat. 


Menjahit


Seni jahit menjahit ini termasuk memiliki peluang yang bagus untuk menghasilkan rupiah. Mengingat banyak yang membutuhkan jasanya. Apalagi sekarang ada tukang jahit yang berkeliling ke komplek-komplek perumahan. Ini sangat menguntungkan juga untuk emak-emak yang memang jarang atau tidak sempat keluar rumah. 


Edit Video


Setelah berkembangnya era sosial media, terutama setelah kemunculan aplikasi tik tok. Saat ini orang berbondong-bondong untuk bisa menampilkan postingan berupa video yang estetik. Nah, kesempatan emas untuk mereka yang hobi edit-edit video nih. Karena buat aku, si emak yang gaptek, mengakui bahwa ternyata ngga mudah mengedit video yang hasilnya bagus. 


Pengalaman ikut lomba nulis yang salah satu syaratnya adalah harus mengunggah video ke feed Instagram. Wah, daku kebingungan dong, haha. Tapi Alhamdulillah ada anak sulung yang memang hobi edit video, akhirnya doi'lah yang membuatkan video untuk emaknya, dan Alhamdulilah masuk dalam daftar pemenang submit tercepat.


Crafting/ Kerajinan


Hobi crafting rasanya mulai menyeruak lagi, walaupun bisa jadi, hobi ini berawal dari mengisi waktu luang di dalam rumah.  Biasanya diminati para orang tua, tetapi ternyata, juga banyak anak muda yang menggemari hobi ini.


Tidak sedikit orang yang ingin membeli kerajinan tangan dengan harga tinggi.

Biasanya dana untuk menekuni hobi ini juga besar. Nah oleh sebab itu, mengapa tidak mengubah hobi kerajinan ini menjadi peluang bisnis?


Blogging atau Menulis


Blogging sendiri merupakan hobi yang sudah lama tidak digunakan oleh banyak orang sebagai bisnis utama dan sampingan yang menjanjikan.

Mempraktikkan hobi ini memberikanmu banyak kebebasan dan fleksibilitas. Ini karena kita dapat memutuskan kapan menerbitkan artikel, memilih topik untuk ditulis, dan melakukannya saat berlibur, di mana pun di dunia. Nah, untuk yang suka membuat jurnal atau journaling maka cobalah membuat diary lalu unggah ke platform online untuk mendapatkan uang.


Menulis, Hobiku yang Menghasilkan


Walaupun uang yang kudapat belum seberapa ya dear, karena aku bisa dibilang new blogger atau blogger pemula. Namun, ternyata selama 4 kali mengikuti lomba, ada 3 yang Alhamdulillah mendapatkan reward, yang selain uangnya bisa digunakan untuk jajan. Masuk dalam list nama daftar pemenang itu seperti memberikan semangat juang tersendiri untukku. 


Hobi yang Menghasilkan


Semangat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas artikel adalah ikhtiarku. Besar harapanku dapat konsisten bahkan bisa melebarkan sayap… MasyaAllah, semoga Allah mengijabah. Aamiin.


Sekian, semoga bermanfaat…




Related Posts

Posting Komentar